Pilihanraya Lagi Beb

Selepas pilihanraya di Pematang Pauh, Kuala Trengganu, Bukit Gantang, Batang Air dan Bukit Selambau next Penanti.

Aku pernah dengar DSAI kata demokrasi yang terbaik di Asia Tenggara ni adalah di Indonesia. Demokrasi paling bebas selepas kejatuhan Pak Suharto. Kawan-kawan aku di saya kata di Indonesia punyalah demokrasi sehingga setiap hari ada pilihanraya samada di peringkat kampung, mukim, daerah atau negeri. Punyalah demokrasi sehingga rakyat pun dah jemu nak memilih sebab selepas pilihanraya sama je..pemimpin yang kaya terus kaya rakyat yang miskin terus miskin.

Perang Bendera Pilihanraya

Setahu Aku lah DEMOKRASI ni sistem yang dimulakan oleh kaum Nasrani di Parsi dan dikembangkan oleh barat lalu di eksport ke negara-negara Islam. Jadi sudah pasti DEMOKRASI ni bukan sistem Islam dan pasti pihak barat ada matlamat tersembunyi.

Menunggu sehingga pilihanraya ke-13 pasti banyak lagi pilihanraya kecil akan berlaku untuk memastikan kelangsungan semangat berpolitik tidak padam di hati rakyat. Kalau di Indonesia pilihanraya setiap hari tidak mustahil di negara kita setiap bulan. Hati dan perasaan rakyat akan terus dimanupulasi untuk kepentingan politik. Semuga Allah memberi pertunjuk kepada kita semua insyallah kerana Dialah yang MAHA berkuasa.

45 Comments

  1. Lebih daripada itu, tersendatnya pembangunan di negara demokrasi dunia ketiga, disebabkan kegagalan mengawal konsolidasi demokrasi menuju tertib politik dan sulitnya membangun budaya integritas di birokrasi.
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Manusia Atau KeledaiMy Profile

    1. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mengawal partisipasi politik dalam demokrasi liberal sekarang ini menuju terwujudnya tertib politik? Huntington merumuskan gagasannya dengan baik dalam The Political Order bahwa gelombang massa, terutama di negara-negara demokrasi baru (the new democratic countries), memiliki dua efek sekaligus yang dapat bertentangan, yakni gelombang massa sebagai kekuatan penyeimbang dan pengontrol atas sejumlah proses politik atau, sebaliknya, merusak sistem yang tengah dibangun.

        1. Tak tertutup kemungkinan aksi massa juga diketahui dan mung-kin mendapat dukungan dari elite-elite partai di parlemen yang kontra dengan pemerintah.

          1. Di sisi lain, civil society dan media yang seharusnya menjadi filter menuju demokrasi yang sehat sejauh ini tampaknya juga terjebak dalam kebebasannya sendiri.

            1. Tak ada tokoh yang muncul ke depan dan memberi pemahaman kepada publik bahwa demokrasi yang sehat harus diikuti penguatan kelembagaan dan terselenggaranya manajemen konflik oleh lembaga-lembaga politik.

    1. Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain.

      1. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

        1. Ketiga jenis lembaga-lembaga negara tersebut adalah lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat (DPR, untuk Indonesia) yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif.
          Curahan rasa Bang Iwan @ ..Manusia Atau KeledaiMy Profile

          1. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituen) dan yang memilihnya melalui proses pemilihan umum legislatif, selain sesuai hukum dan peraturan.
            Curahan rasa Bang Iwan @ ..Manusia Atau KeledaiMy Profile

          1. Kasus China dan Singapura, dua negara yang menerapkan sistem soft otoritarianism, terbukti mampu mendorong pembangunan tanpa demokrasi. Senada dengan Berger, Don Emmerson juga mempertanyakan keterkaitan antara demokrasi dan pembangunan.

            1. Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
              Curahan rasa Bang Iwan @ ..Manusia Atau KeledaiMy Profile

  2. Pada kasus Indonesia, dua hal itu tampak relevan. Tertib politik yang menjamin adanya ruang partisipasi rakyat dalam politik, sekaligus dukungan efektif kepada pemerintah belum sepenuhnya dapat berjalan. Bahkan keduanya seolah berdiri pada posisi diametral, dengan partisipasi rakyat kerap hanya dimaknai sebagai sikap melawan pemerintah. Padahal partisipasi politik sejatinya mengandung arti yang lebih luas daripada sekadar mengkritik kekuasaan. Michael Rush dan Phillip Althotf memberi pengertian bahwa partisipasi politik mencakup keterlibatan individu sampai pada bermacam-macam tingkatan di dalam sistem politik, termasuk menjaga stabilitas nasional demi kepentingan bersama (bukan diartikan kepentingan pemerintah).

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!