Ramadhan bulan penuh BERKAT..apa azam kita??

Alhamdulillah syukur sangat Aku diberi peluang oleh ALLAH swt untuk bertemu dengan Ramadhan tahun ini. Ramadhan penghulu segala bulan, bulan yang penuh dengan KEBERKATAN dengan ganjaran yang berlipat kali ganda dan juga bulan Pengampunan. Insyallah Aku berazam untuk menjadikan Ramadhan tahun ini Ramadhan yang terbaik sepanjang penghidupan kerana Ramadhan tahun hadapan belum tentu akan bersua lagi…

Selamat Berbuka Puasa

Aku BerAZAM untuk ….

1. Solat 5 waktu berJEMAAH kerana mengikut Nabi saw sangat memBERATkanNya sehingga Nabi saw mengarahkan para sahabat mengumpul kayu api untuk membakar mereka yang tidak solat berJEMAAH. Nabi tidak pernah solat sendirian sehinggalah Baginda wafat.
2. Perbanyakkan solat SUNAT bermula dengan solat FAJAR, solat ISRAQ, solat DHUHA, solat WUDUK, solat TAUBAT, solat RAWATIB, solat TERAWIH, solat TAHAJJUD, solat ISTIKHARAH, solat TASBIH dan penutup dengan solat WITIR.
3. Istiqomah dengan dzikir pagi dan dzikir petang, dzikir minimum 300 pagi dan 300 petang serta banyakkan Istigfar.
4. Bersedekah setiap hari walaupun HANYA RM1.00.
5. Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa.
6. Bertadarus Al-Quran bersama keluarga.
7. Banyakkan IKTIQAF di Masjid pada 10 hari terakhir Ramadhan.
8. Mengadakan majlis ILMU bersama keluarga dengan membacakan beberapa hadis nabi setiap hari.
9. Tidak membazir terutama JUADAH makanan.

Kepada Emak,abah, isteri, anak-anak, adik beradik, keluarga, jiran, teman dan TEMAN BLOGGER aku menghulur sepuluh jari memohon AMPUN dan MAAF jika ada perbuatan, perkataan dan tulisan yang menguris perasaan. DOAkan Ramadhan tahun ini Ramadhan TERBAIK untuk kita semua…..

Fadhilat Amal : Dari Aisyah r.a : “Adalah Nabi saw beriktiqaf sepuluh hari yang akhir dari bulan Ramadhan sehingga wafatnya, kemudian beriktiqaf para isterinya sesudahnya (iktiqaf isterinya adalah di rumah).” (Al-Hadith)

P/s : Entri puasa tahun lepas yang dikitar semula

[ad#serverfreak]

294 Comments

  1. bulan Ramadhan merupakan bulan yang agung dan mulia, dan memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, mengandung di dalamnya kebaikan dari Allah SWT, pahala dan ganjaran yang berlipat bagi mereka yang ingin mencarinya.
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Satu Jam SajaMy Profile

    1. Saat kita telaah makna yang terkandung dalam kata ramadhan tersebut kita akan semakin meyakini bahwa datangnya bulan Ramadhan adalah membawa sebuah keberkahan dari Allah SWT untuk kita sebagai hamba-Nya

  2. Mereka tidak bisa bebas merusak manusia sebagaimana bebasnya di bulan yang lain, karena kaum muslimin sibuk dengan puasa hingga hancurlah syahwat, dan juga karena bacaan Al-Qur’an serta seluruh ibadah yang mengatur dan membersihkan jiwa.
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Yes I am the WinnerMy Profile

    1. Allah menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk. (Al-Qur’an) diturunkan pada malam Lailatul Qadar, suatu malam di bulan Ramadhan.
      Curahan rasa Bang Iwan @ ..Yes I am the WinnerMy Profile

  3. Dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali z, secara marfu’ dari Nabi bersabda,

    “Barangsiapa menjumpai Ramadhan dalam keadaan sehat dan muslim lalu ia berpuasa pada siang harinya, shalat pada sebagian malamnya, menahan pandangannya, menjaga kemaluannya, lisan dan tangannya, menjaga shalat-shalatnya dengan berjamaah, bersegera menuju shalat Jumat, maka sungguh dia telah berpuasa sebulan, menyempurnakan pahala serta mendapatkan lailatul qadar, dan dia beruntung dengan hadiah dari Rabb Tabaraka wa Ta’ala.”

    1. Di antara hadiah itu adalah ampunan besar. Sebagaimana kita tahu Ramadhan penuh dengan ladang ampunan yang dibentang lebar, hingga Rasulullah mendorong umatnya untuk memanfaatkan keberkahan itu dengan memohon ampunan dosa. Beliau mengumpamakan sekiranya dosa orang yang berpuasa seperti busa air laut, akan diampuni karena besarnya kedudukan ibadah yang berkeberkahan itu.
      Curahan rasa Bang Iwan @ ..Hidup Seorang Blogger Berkah Ramadhan DenaihatiMy Profile

          1. Bagaimana Allah akan membebaskan dari api neraka jika kita tetap sibuk dengan maksiat dan lalai dari beribadah selama Ramadhan dan bulan lain?

  4. Ibadah Ramadhan dari tahun ke tahun harus meningkat. Tahun depan harus lebih baik dari tahun ini, dan tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu.

      1. Allah SWT berfirman : « Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri » (QS AR- Ra’du 11).

        1. Menjadikan Ramadhan sebagai Syahrut Taubah (Bulan Taubat)
          Bulan Ramadhan adalah bulan dimana syetan dibelenggu, hawa nafsu dikendalikan dengan puasa, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka. Sehingga bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat kondusif untuk bertaubat dan memulai hidup baru dengan langkah baru yang lebih Islami.

          1. Barangsiapa melewatkan waktu selama Ramadhan dengan sia-sia, sesungguhnya ia termasuk orang yang merugi dalam perdagangannya dengan Allah.

  5. Bulan ramadhan bulan pelebur dosa dan pintu pertaubatan , salah satu berkah ramadhan adalah kita dapat melebur dosa-dosa yang telah kita lakukan dengan amal dan do’a, sangat besar keutamaan bulan ramadhan sebagai bulan penghapus dosa.

    1. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini perbanyak amal ibadah kita pada bulan ini dan jadilah manusia yang dapat memberi manfaat bagi lingkunggan sekitar kita.

        1. Kita dibuat untuk dapat merasakan apa yang dirsakan saudara-saudara kita yangf kurang beruntung dalam hal materi dan kita dibuat bersyukur dengan apa yang telah kita dapat , hal ini membuat batin kita peka dengan keadaan sesama manusia.

    2. Betapa bulan ini dapat membuat kita menjadi orang yang beriman, kita digojlok dengan lapar dan dahaga , bangun ditengah malam untuk dapat melatih keimanan dan kecintaan kita kepada Allah , karena segala yang kita lakukan adalah karena Allah SWT.

  6. Puasa dapat mempersempit tempat beredarnya darah yg merupakan tempat masuknya setan ke jiwa manusia krn setan masuk ke jiwa manusia melalui tempat beredarnya darah sehingga dgn puasa dapat menenangkannya dari godaan setan dan mematahkan pagar hasrat dan kemurkaan karenanya Nabi saw menjadikan puasa sebagai tameng krn ia dapat memutus hasrat utk berhubungan suami-istri.

    1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT tidaklah sempurna hanya dgn meninggalkan semua hasrat jiwa yg diperbolehkan pada selain waktu berpuasa kecuali setelah mendekatkan diri kepada-Nya dgn meninggalkan segala yg diharamkan Allah dalam segala keadaan baik itu berupa perkataan dusta kezaliman ataupun permusuhan di antara manusia yg berkaitan dgn darah harta dan harga diri mereka.

        1. Seorang ulama salaf berkata “Puasa yg paling ringan adl meninggalkan minum dan makan.” Jabir berkata “Jika kamu berpuasa hendaklah pendengaran penglihatan dan lisanmu juga ikut berpuasa dari kedustaan dan hal-hal yg diharamkan janganlah kamu menyakiti tetanggamu hendaklah kamu tetap tenang di hari puasamu dan janganlah kamu menjadikan hari puasamu sama seperti hari ketika kamu tidak berpuasa.”
          Curahan rasa Bang Iwan @ ..Hidup Seorang Blogger Berkah Ramadhan DenaihatiMy Profile

          1. Maka jika saya berkata ‘Sungguh saya berpuasa pada hariku ini maka sebenarnya aku tidak berpuasa’.” Alasan semua ini adl bahwa mendekatkan diri kepada Allah SWT dgn meninggalkan hal-hal yg diperbolehkan tidaklah sempurna kecuali setelah mendekatkan diri kepada-Nya dgn meninggalkan hal-hal yg diharamkan.
            Curahan rasa Bang Iwan @ ..Hidup Seorang Blogger Berkah Ramadhan DenaihatiMy Profile

          2. Barang siapa melanggar hal-hal yg diharamkan kemudian ia mendekatkan diri dgn meninggalkan hal-hal yg diperbolehkan maka ia sama saja dgn orang yg meninggalkan hal-hal yg diwajibkan dan melakukan hal-hal yg disunahkan sekalipun menurut mayoritas ulama puasanya tetap sah dan ia tidak diperintahkan utk menggantinya krn suatu amal perbuatan hanya batal dgn melanggar hal-hal yg dilarang yg berkaitan khusus dengannya bukan dgn melakukan hal-hal yg dilarang namun tidak berkaitan khusus dengannya.
            Curahan rasa Bang Iwan @ ..Hidup Seorang Blogger Berkah Ramadhan DenaihatiMy Profile

        2. Inilah pendapat mayoritas ulama. Diriwayatkan dalam musnad Ahmad bahwa pada masa Nabi saw ada dua orang wanita berpuasa keduanya hampir saja mati krn kehausan lalu hal tersebut diceritakan kepada Nabi saw namun beliau berpaling tak lama kemudian keduanya diceritakan kembali akhirnya beliau memanggil keduanya dan menyuruhnya utk muntah lalu keduanya memuntahkan semangkuk nanah dan darah serta daging segar.

          1. Kemudian Nabi saw bersabda “Sesungguhnya kedua wanita ini telah berpuasa dari hal-hal yg dihalalkan oleh Allah namun keduanya berbuka dgn hal-hal yg diharamkan oleh Allah seorang dari mereka menghampiri temannya yg sedang duduk lalu keduanya mulai memakan daging-daging manusia .”

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!