10 Tips Jitu Menjadi Penulis Jemputan

Menjadi Penulis Jemputan (guest blogger) sering ditawarkan oleh beberapa blog top. Seperti halnya blog Denaihati ini. Tentu saja kesempatan ini mestinya diambil oleh para blogger karena menguntungkan yaitu mendapat limpahan trafik, meningkatkan reputasi, mendapat backlink berkualitas, dan meningkatkan persahabatan dengan pemilik blog tersebut.

Dalam postingan ini saya menginformasikan 10 tips jitu menjadi Penulis Jemputan, yang merupakan hasil penelusuran saya dari berbagai tips yang ada dikalangan blogger senior di Indonesia. Kesepuluh tips ini merupakan tips-tips yang saya gunakan sebagai masukan menjadi Penulis Jemputan di Denaihati.

Berikut kesepuluh tips tersebut.

1. Ada keinginan

Hal pertama yang dilakukan adalah Anda harus memiliki keinginan untuk menjadi Penulis Jemputan. Keinginan ini akan muncul bila Anda memahami keuntungan menjadi Penulis Jemputan. Seberapa besar keinginan Anda? Bila hati Anda bergetar ingin menjadi Penulis Jemputan, berarti keinginan Anda tersebut besar.

2. Percaya Diri

Banyak blogger yang tidak percaya diri menjadi Penulis Jemputan. Hal ini saya amati dari beberapa komentar yang muncul di Denaihati saat  memposting ajakan menjadi Penulis Jemputan. Dalam Postingan Blogger Penulis Jemputan

Sekadar sharing pengalaman, saya percaya diri saat membaca dan di undang menjadi Penulis Jemputan di Denaihati. Bagi saya ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada blogger lain. Saya bergumam begini: “Apapun hasilnya, minggu depan saya akan mengirimkan satu tulisan”

3. Baca dengan seksama persyaratan yang diberikan oleh pemilik blog

Agar tidak menyalahinya, baca minimal dua kali persayaratannya. Biasanya persyaratannya seperti ini: tulisan original, bukan copy paste, tidak sedang dikirimkan ke blog lain, dan belum pernah dipublikasikan (baik di blog sendiri atau blog milik blogger lain).

4. Amati blog bersangkutan

Luangkan waktu Anda untuk mengamati hal-hal berikut ini:

  • Apa topik blog tersebut
  • Apa saja jenis postingan yang ada
  • Apa saja kategorinya
  • Apa saja postingan terpopulernya
  • Bagaimana gaya penulisannya

5. Tentukan topik tulisan Anda

Hal termudah menentukan topik adalah dengan melihat topik postingan apa saja yang belum ada di blog tersebut. Selanjutnya kita berusaha untuk membuat Topik yang belum ada  tersebut sesuai dengan konten blog. Kecuali kalau Topik ditentukan sendiri oleh Admin blog.

6. Lakukan riset online kecil-kecilan

Selain untuk mencari referensi, riset online berguna untuk melihat apakah topik yang diambil tadi sudah ditulis atau belum oleh blogger lain di blognya. Saat melakukan riset online ini, saya mengamati 10 besar postingan yang muncul di Google.

Seandainya topik tersebut sudah ditulis, Anda masih bisa menggunakan topik tersebut dengan sudut pandang yang berbeda atau menginformasikan perkembangan terkininya.

7. Tulis postingan

Pastikan bodi tulisan yang Anda buat tidak mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, gunakan juga teknik SEO on-page antara lain jumlah kata kunci per paragraf, judul gambar, Tujuannya adalah agar postingan tersebut (bila dimuat) teranking baik di mesin pencari. Dengan demikian, peluang limpahan trapik pun semakin besar.

Jangan lupa, buat biodata Anda dibagian bawah tulisan dengan menyertakan link ke blog  atau postingan Anda. Ini untuk memberi informasi latar belakang Anda kepada pemilik blog dan pembaca bila tulisan itu dimuat.

8. Review postingan

Setelah selesai ditulis, review tulisan Anda 2-3 kali. Ini untuk melihat apakah alur penulisan sudah baik dan tidak ada salah ketik.

9. Kirimkan Tulisan

Pengiriman ini dilakukan melalui email. Lakukan secara santun dan beri keterangan singkat mengenai tulisan Anda. Misalnya saja, alasan Anda mengapa memilih topik postingan tersebut.

Setelah pengiriman, biasanya dalam 1-2 hari pemilik blog akan memberitahukan apakah tulisan Anda layak muat atau tidak. Jika layak dimuat, dia juga akan menginformasikan kapan waktu publikasinya.

Bagaimana jika tulisan Anda tersebut ditolak? Anda bisa menanyakan alasannya kepada pemilik blog. Bila diberi kesempatan memperbaikinya, perbaiki dengan segera dan kirimkan kembali.

Kalau ditolak lagi, bagaimana? Tidak ada jalan lain, publikasikan saja diblog Anda.

10. Promosikan dan moderasi postingan

Setelah dipublikasikan, promosikan tulisan di blog yang Anda miliki dan sosial media (facebook, twiter, dan semacamnya). Ini agar tulisan tersebut banyak dibaca orang sehingga peluang limpahan trafik ke blog Anda juga semakin besar.

Jangan lupa, jawab komentar pembaca bila mereka ada yang membutuhkan penjelasan Anda atau mungkin saja ada yang menyanggah apa yang Anda tulis.

Itulah 10 tips jitu yang layak Anda coba. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi Anda yang berkeinginan menjadi Penulis Jemputan. Terutama bermanfaat bagi saya tentunya. Bila  Anda memiliki tips lain, silahkan share di Kotak Komentar.

Salam hangat dari Indonesia.

Keterangan PenulisEntri Membangun Jaringan Informasi Melalui Komunitas Blogger ini adalah hasil karya Abang Iwan blogger hebat dari Sulawesi, Indonesia. Blog beliau  Fatamorgana penuh dengan berbagai cerita dan tips kehidupan yang dapat membantu teman-teman blogger baru dan lama berblogging.

[ad#nuffnang336]

152 Comments

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!