Membangun Jaringan Informasi Melalui Komunitas Blogger

Kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Sangat membutuhkan orang lain (zon politiken), tidak bisa hidup sendirian (no body want tobe lonely) perlu berkelompok dan perlu adanya komunitas.

Seorang bloggerpun harus saling berinteraksi, bersosialisasi, berbagi merajut tali silaturrahim, tak terkecuali mau dia tergolong extrovert atau introvert pasti lah mereka senang berkumpul. Apalagi dengan yang memiliki hobby yang sama. Hal inilah yang menjadi latar belakang kalangan blogger Indonesia yang baru berkembang pesat 5 tahun terakhir ini, mulai banyak bermunculan kelompok atau komunitas sesama pecinta blog yang dikenal dengan istilah Komunitas Blogger.

Komunitas blogger biasanya terbentuk karena pertemanan online terlebih dahulu. Mulai dari aktivis blogwalking sampai hingga pertemuan yang sering diadakan dikalangan blogger.

Biasanya komunitas ini terbagi berdasarkan kesamaan daerah, niche blog, hobby atau yang lainnya. Setiap komunitas memiliki cara masing-masing untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan diantara mereka. Namun istilah yang paling terkenal adalah kopdar (kopi darat) atau ngopdar. Ngopdar diadakan untuk berkumpul sesama member komunitas blogger tersebut. Tak jarang event blog yang melibatkan komunitas blogger lokal masing-masing kota ataupun diikuti banyak komunitas blogger. Seminar, talkshow, ataupun sekedar berkumpul gembira ria bersama blogger yang lain.

Bergabung dengan komunitas blogger tertentu akan menambah pengalaman  dalam berorganisasi terutama dalam hal blogging. Pasti banyak pengalaman dari blogger lain yang  akan kita dapatkan. Yang pasti juga menambah banyak teman sekalian bisa membangun jaringan pembaca untuk blog kita. Dan juga yang paling utama adalah salah satu upaya optimazi blog secara offline.

Selain itu mungkin jika bertemu orang-orang yang sesuai di dalam komunitas blogger tertentu, mungkin bisa saja kita bias  melakukan kerjasama membangun suatu blog network. Dan yang paling penting menunjukkan bahwa kita ada di dunia blogging dan dapat memberikan kontribusi yang positif sebagai jembatan informasi dalam dunia blogosphere.

[ad#serverfreak]

Di bawah ini merupakan nama-nama komunitas blogger yang ada di Indonesia. Meski disadari juga bahwa masih banyak yang belum “menampakkan diri ”, masih banyak komunitas yang “terpendam”. Apalagi seiring berjalan waktu, bertambah pula kominitas baru.

Komunitas Blogger Daerah

* Aceh – Aceh Blogger Community
* Bali – BBC
* Bandung – Batagor
* Bandung – BBV
* Banjarbaru – Banjarbaru Blogger Community
* Banten – Komunitas Blogger Banten
* Batam – Batam Blogger Community
* Bogor – blogor.org
* Cirebon – Blogger Cirebon
* Garut – Blogger Garut
* Gorontalo – Tumbilotohe
* Jakarta – Bunderan HI
* Jakarta, Tukang Lenong
* Jogjakarta – Angkringan Jogja
* Jogjakarta – CahAndong
* Jogjakarta – Juminten
* Kab. Kuantan Singingi Riau – Kuansing Blogger Community
* Kalimantan Barat – Borneo Blogger Community
* Kalimantan Selatan – Kayuh Baimbai
* Kalimantan Timur – Kaltim Bloggers United
* Kalimantan Timur – Mahakam
* Ketapang Kalimantan Barat – Kayong Blogger
* Lampung – Seruit
* Makassar – Anging Mammiri
* Malang – Blogger Ngalam
* Mojokerto – Blogger Mojokerto
* Ngawi: Kota Ngawi
* Padang – Palanta
* Palembang – Wong Kito
* Palu – Nosarara
* Ponorogo – Kotareyog
* Semarang – Loenpia
* Serang – Serang Photo Blog
* Solo – Solo Blogger
* Sorowako – Baris Kroni Blogger Dengen
* Subang – Komunitas Blogger Subang
* Sumatera Utara – BloggerSUMUT
* Surabaya – Tugu Pahlawan
* Tangerang – KBBC
* Wonogiri – BloWn

Komunitas Blogger Non-Daerah

* Muslim Blog
* Blog Bobotoh Persib Bandung
* Blog.Pengajar
* BlogFam
* Bloggerian
* Perawat Ngeblog
* Rumah Blogger
* Blogger Indonesia di Singapore

Komunitas Blogger Kampus

* Blog Institut Teknologi Telkom
* Blog Unila
* Blogger IPB
* Brawijaya Blogger Community
* Himaptika Universitas Siliwangi
* Komunitas Blogger STAN
* Sunan Gunung Djati

Mohon ma’af karena Link Komunitasnya tidak saya senaraikan untuk mengurangi beban URL.Untuk mencari alamat webnya, bisa dengan mesin pencari google. Atau langsung kirim email ke smansaliliriaja@gmail.com.

Salam hormat saya dari Indonesia.

Keterangan PenulisEntri Membangun Jaringan Informasi Melalui Komunitas Blogger ini adalah hasil karya Abang Iwan blogger hebat dari Sulawesi, Indonesia. Blog beliau  Fatamorgana penuh dengan berbagai cerita dan tips kehidupan yang dapat membantu teman-teman blogger baru dan lama berblogging.

[ad#nuffnang336]

137 Comments

  1. Wow, ternyata komentar di tulisan ini panjang sekali sampai akhir Desember.

    Bang Iwan: sedikit tambahan komunitas blogger, saya adalah member merangkap web admin dari Komunitas Blogger Depok (deBlogger) dan juga Komunitas Blogger Maluku (MBC).

    Untuk blogger Malaysia, saya melihat ada beberapa komunitas blogger yang cukup sering bertemu seperti Komuniti Blogger Miri, Johor, dan Melaka, meski sebatas informal dan kumpul-kumpul having fun saja 🙂

    Salam dari Jakarta 😀

  2. terlalu byk..yang penting camne kita tau nak gunakan komuniti tu.. tak yah join semua pung..
    satu artikel yang bernas walaupun masih merangkak nak memahaminya.. tq bro Iwan

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!