NGEBLOG UNTUK MENAMBAH KHAZANAH DAN MENJALIN SILATURAHMI

Assalamualaikum dan salam 1Dunia, alhamdulillah denaihati sering mendapat pelawat dari banyak negara terutamanya blogger dari Indonesia. Sumbangan blogger Indonesia untuk denaihati juga sangat mantap. Semuga hubungan baik ini berterusan dan denaihati akan menjadi blog yang tersohor di Indonesia. Sebagai tanda terima kasih denaihati telah menjemput salah seorang blogger yang paling kerap singgah dan memberi kontrubusi yang besar untuk kemajuan denaihati.  Bacakan isihati Abang Iwan :

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” — Pramoedya Ananta Toer

Kutipan quotes dari Pramoedya Ananta Toer itu sepertinya sangat tepat untuk ditujukan kepada aktivitas ngeBlog. Soalnya, sekali posting tulisan di blog, tulisan kita jadi “abadi” ada di Internet.

Abadi, karena setelah Google mengindex blog kita, Google menyimpannya dalam cache (tembolok). Saat blog kita non aktif pun, tulisan kita masih bisa diakses oleh pengguna Internet.

Sebuah kehormatan besar bisa menjadi penulis di blog yang saya kagumi ini, semoga saja untuk selanjutnya dapat menjadi pemicu bagi saya untuk lebih berinovasi dalam menulis.

Perkembangan blog di Indonesia sangat pesat akan tetapi bila dibandingkan dengan kemajuan para blogger Negara lain, misalnya di Amerika Serikat. Kalau bukan Amerika Serikat, tak usah jauh-jauhlah, cukup disekitar Negara Asia Tenggara, misalnya, Malaysia. Perbedaannya cukup signifikan! Tak usah saya sebutkan blog-blog itu, namun pembaca bisa menelusuri dengan mengetik “key word” seperti Top Blogs in English Language di mesin pencarian.

Beberapa sumber referensi tentang blogger Indonesia dapat dilihat di situs http://enda.goblogmedia.com/. Di samping itu, usaha mendokumentasikan Blog Indonesia yang baik dilakukan di http://blogindonesia.wordpress.com.

Walaupun mungkin tidak sebesar komunitas mailing list, cukup banyak blogger Indonesia di Internet. Beberapa diantaranya berada di mailing list Blogbugs http://groups.yahoo.com/group/blogbugs/, Bandung Blog Village http://bbv.or.id/, Blogstation komunitas blogger di Bogor Depok http://www.blogstation.org/weblog.php, komunitas blogger Malang http://blogmal.tempemenjes.com/, http://planet.terasi.net/, komunitas blogger Jogyakarta http://angkringan.or.id/baru and Bloggerfamily forum http://www.bloggerfamily.com/.

Jika saya mengutip dari data yg dikeluarkan feedburner dibawah, kita dapat melihat salah satu kota dengan aktivitas blogging terbanyak yaitu di Indonesia ( Jakarta sebagai kota repsentatif nya )

Berikut data gambarnya :

The Blog Belt

Dengan membaca,  banyak ilmu dan pengalaman (orang lain) diserap. Pada gilirannya pengetahuan itu membentuk “pola pikir” untuk merespon suatu fenomena dan masalah. Semakin banyak membaca, semakin cepat pula seseorang mampu menanggapi fenomena dan masalah. Sekaligus cepat mencari jalan keluar dan solusi-solusi jitunya.

Demikian pula di Blog. Semakin para blogger memperkaya khazanah intelektualnya salah satunya dengan membaca, maka postingan-postingan yang muncul sekalipun menyorot soal yang sama namun sudut pandang dan pendalaman atas soal itu akan berbeda satu sama lain dan berbobot mutunya. Apalagi bila postingan berbeda denga postingan blogger lain.

Posting bermutu itu tidak bisa dihasilkan oleh proses instan, sekonyong-konyong dan sekejap mata. Melainkan atas dasar rentang pengalaman dan kesukaan membaca.

Semoga saja tulisan pertama ini dapat menjadi tambahan informasi dan media untuk menjalin silaturami antara Blogger Indonesia dan Malaysia.

Untuk selanjutnya saya akan berupaya menulis tentang Komunitas Blog yang ada di Indonesia semoga saja saya masih diberikan kesempatan untuk itu.

Salam hangat dari Indonesia.

Keterangan PenulisEntri NGEBLOG UNTUK MENAMBAH KHAZANAH DAN MENJALIN SILATURAHMI ini adalah hasil karya Abang Iwan blogger hebat dari Sulawesi, Indonesia. Blog beliau  Fatamorgana penuh dengan berbagai cerita dan tips kehidupan yang dapat membantu teman-teman blogger baru dan lama berblogging.

[ad#Mangga 300]

Comments

  1. zaid says

    menggunkan blog sebai salah satu platform untuk meneratratkan silaturahim adalah idea yang bernas

  2. Kreuger says

    sangat kagum dengan penulisan Abang Iwan. saya suka dengan kata pepatah ini:-

    “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” — Pramoedya Ananta Toer

    Series nice quote and noted.