Sunah Rasulullah

Dah beberapa posting cerita pasal ekonomi dan persediaan untuk masa susah. Hari ni terfikir pulak pasal Sunah Rasulullah…

Kita yang muslim semua mengaku jadi umat Nabi Muhamad SAW. Tapi pernah tak terfikir dalam kehidupan seharian sunah Nabi yang mana kita amalkan…..aku pening..sebab rasanya 1 pun susah nak cari. Paling mudah masuk tandas kaki kiri keluar tandas kaki kanan pun Aku ambil ringan je ..belum doanya lansung tak hafal.

[box]Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang maksudnya : “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun”.[/box]

Solat berjemaah memang Nabi tak pernah tinggal tapi Aku selalu sangat tinggalkan….masuk Masjid/Surau kaki kanan keluar kaki kiri lansung pijak selipar kiri dan  sarung yang kanan dulu….pun selalu kantoi…doa keluar masuk masjid .. entahlah ..malu juga dengan anak aku yang tadika pun hafal banyak doa harian.

Di bawah kubah hijau Masjid Nabawi inilah Nabi Muhamad SAW disemadikan
Di bawah kubah hijau Masjid Nabawi inilah Nabi Muhamad SAW disemadikan

Itulah AKU yang dikatakan umat Nabi Muhamad SAW…dapat kah AKU Safaat Nabi nanti…….

109 Comments

    1. Barangsiapa yang telah mengikrarkan dua kalimat syahadat, maka wajib baginya untuk sentiasa mentaati seluruh ajaran yang telah diberikan beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam kepada umatnya dan menjauhi seluruh larangannya.

            1. Sudah selayaknya pula kita mempunyai tanggungjawab untuk memahamkan umatnya daripada kehilangan kefahaman dan pengamalan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam yang makin dilupakan.

      1. demikian Nabi mewasiatkan kepada para sahabat beberapa wasiat penting di antaranya perintah untuk berpegang teguh dengan Sunnahnya dan Sunnah para Khulafa Ar Rasyidin. Bahkan beliau menyuruh untuk menggigitnya dengan gigi kita yang paling kuat. Di masa sahabat saja Rasulullah telah berwasiat demikian, lebih-lebih di zaman sepeninggal beliau di mana kondisi masyarakat dari sisi keagamaan semakin buruk dengan munculnya berbagai perselisihan dan bid’ah pada perkara-perkara yang prinsipil.
        Curahan rasa munir ardi @ ..1 Indonesia ayo Dukung Tim Sepakbola Kita Di AFF 2010My Profile

            1. membaca Al-Qur’an sebelum terbit matahari Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman.

            2. jangan tinggalkan masjid terutama di waktu shubuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke mesjid, karena mesjid merupakan pusat keberkahan, bukan kerana panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan mesjid Allah.

    1. jaga sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

      1. jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu solat walau ia sedang tidak solat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah”.

          1. Zikir adalah bukti syukur kita kepada Allah. Bila kita kurang bersyukur, maka kita kurang berzikir pula, oleh karena itu setiap waktu harus selalu ada penghayatan dalam melaksanakan ibadah ritual dan ibadah ajaran Islam lainnya.

            1. Zikir juga merupakan makanan rohani yang paling bergizi, dan dengan zikir berbagai kejahatan dapat ditangkal sehingga jauhlah umat manusia dari sifat-sifat yang berpangkal pada materialisme dan hedonisme.

            2. Melaksanakan sunnah Rasulullah SAW sangat penting bagi kehidupan seorang muslim, baik dalam hal ibadah maupun muamalah (hablum minallahi wa hablum minannasi). Allah SWT menyatakan dalam firman-Nya,”…Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya “. (QS. Al-Hasyr[59]:7).

            3. Kehidupan Rasulullah Saw selalu berlangsung dalam keseimbangan antara jasmani, akal dan qalbu (rohani). Hal itu tercermin dari sikap dan perbuatannya sehari-hari. Sunnah Rasulullah Saw telah menjelaskan aspek-aspek tertentu agar tercapainya hidup yang seimbang

  1. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman (artinya): “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam suri tauladan yang baik bagi kalian (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari akhir dan dia banyak menyebut Allah.” (Al Ahzab: 21)
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Debut Valentino Rossi dengan DucatiMy Profile

  2. Mengikuti sunnah Rasul SAW bener-benar mempunyai nilai yang sangat tinggi, apalagi disaat bid’ah menyebar luas, mengikuti sunnah dalam kondisi demikian memiliki nilai yang lebih tinggi dan lebih istimewa. Khususnya lagi, ketika ummat berada dalam kerusakan.
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Debut Valentino Rossi dengan DucatiMy Profile

        1. Bahkan kebiasaan dan perbuatan alamiah yang paling sederhana seperti makan, minum, tidur dan lainnya jika ia dilakukan dengan memperhatikan sunnah akan berubah menjadi amal ibadah yang mendapatkan ganjaran pahala, dari sinilah kalbu akan mengarah kepada pembuat syariat hakiki yaitu Allah Ta ala, sehingga ia akan mendapatkan ketentraman, kedamaian dan pahala ibadah.
          Curahan rasa Bang Iwan @ ..Debut Valentino Rossi dengan DucatiMy Profile

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!