Earth Hour : Perubahan Iklim Bumi akibat Badai Matahari

Sempena Earth Hour yang disambut setiap 27/3 diseluruh dunia, aku nak berkongsi kisah Badai Matahari. Baru-baru ini dunia heboh dengan movie 2012 yang mengisahkan bahawa dunia akan dilanda “Badai Matahari” pada tahun 2012 yang mengakibatkan perubahan iklim dunia yang terlampau. Cuba kita hayati maksud  2 ayat Al-Quran di bawah yang mungkin boleh memberi kesedaran kepada kita :

Ia bertanya (secara mengejek): “Bilakah datangnya hari kiamat itu?” (Jawabnya) “Maka apabila pemandangan menjadi berpendar-pendar. Dan BULAN HILANG CAHAYANYA (kerana cahaya matahari yang terlalu terang ketika itu membuatkan bulan tidak kelihatan- seperti pada waktu tengah hari). Dan matahari serta bulan DIHIMPUNKAN BERSAMA (apabila matahari mula menelannya).”- (Al-Qiaamah: 6-9)

Apabila matahari DILINGKARI CAHAYANYA (dan hilang lenyap-terpadam). Dan apabila bintang-bintang gugur berselerak”- (At-Takwiir: 1)

Flare di Matahari

Menurut ahli fizik, badai Matahari akan terjadi ketika adanya flare dan Corona Mass Ejection  (CME). Apa itu Flare? Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dahsyatnya menyamai 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Sedang CME adalah sejenis ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel2 berkecepatan tinggi yakni sekitar 400 km/saat. Fenomena ini akan mengakibatkan perubahan aliran elaktrik dan graviti bumi yang akan mengubah iklim bumi.

Telah kelihatan kerosakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, kerana Allah hendak merasakan mereka sebahagian daripada balasan perbuatan buruk yang mereka telah lakukan supaya mereka kembali insaf.” –  (al-Rum: 41)

Semuga perkongsian ini akan menambah iman kita, insyallah.
[ad#HTML]

122 Comments

  1. Meski perlu diwaspadai, badai itu tidak sampai menghancurkan peradaban di muka bumi. Yang paling dirasakan adalah perubahan iklim yang sanget ekstrem.

    1. Fenomena ini berupa cuaca antariksa. Cuaca antariksa disebabkan aktivitas matahari yang melontarkan miliaran ton partikel, plasma berenergi tinggi, dan radiasi gelombang elektromagnetik.

      1. Matahari mengalami ledakan-ledakan yang bisa sampai ke bumi. Selain itu, matahari memiliki berbagai aktivitas yaitu medan magnet, bintik matahari, flare (ledakan matahari), lontaran massa korona, angin surya, dan partikel energetik.
        Curahan rasa munir ardi @ ..Perjalanan Mencari SinyalMy Profile

    1. Padahal yang paling mungkin terjadi di antara tahun 2012-2015 adalah flare atau yang lebih akrab dikenal dengan badai matahari, tapi hal itu tidak secara langsung akan menghancurkan bumi dan seluruh isinya.

            1. Ledakan-ledakan matahari yang berupa partikel bisa menembus atmosfir dan sampai ke bumi hingga berakibat buruk pada perubahan cuaca. Namun hal itu diyakini tidak akan sampai memporak-porandakan bumi.

            2. “Namun hal itu diyakini tidak akan sampai memporak-porandakan bumi.”

              Betul ker statement Bang Iwan tu? Kalau paras air laut naik akibat ais mencair bukan ker itu namanya memporak porandakan bumi?

  2. Isu yang kedua adalah tentang masalah sistem jaringan listrik yang saling ketergantungan yang dukungan kehidupan modern kita, seperti masalah air dan penanganan limbah, masalah infrastruktur logistik supermarket, masalah pengendalian gardu listrik, pasar keuangan dan lainnya yang tergantung pada listrik.

        1. Fenomena badai matahari dan kemungkinan datangnya makhluk luar angkasa saja, kita tidak bisa menjangkau kebenarannya secara akurat. Apalagi fenomena alam semesta lainnya.

          1. Ini bukti bahwa penciptaan Allah tidak ada tandingan-Nya. Namun manusia seringkali tidak menyadarinya, terutama setelah pesatnya peradaban yang ditandai revolusi teknologi.

            1. Terkadang kita terlalu bangga dengan sebuah penemuan atau hasil dari sebuah penilitian ilmiah, sehingga kita melupakan kebesaran Allah dengan segala ciptaan-Nya.

      1. Saya pernah terbaca dekat blog orang lain bahwa

        Biasanya bila benda macam ni terjadi, ada saja orang yang nampak benda yang pelik seperti UFO..

        Pernah terbaca ker benda ni Bang Iwan?

  3. Ketika badai matahari kuat menyerang, umat manusia di bumi akan menghadapi dua masalah besar. Pertama, adalah tentang masalah jaringan listrik modern sekarang.
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Madame XMy Profile

    1. Saya quite kan yang pernah saya cari dekat internet

      “Jaringan listrik modern sekarang pada umumnya menggunakan tegangan tinggi untuk mencakup daerah lebih luas,”

      Adakah Listrik tu dimaksudkan dengan elektrik?

  4. Para ahli mengatakan, ketika aktivitas badai matahari aktif, akan terus menerus terjadi pembakaran dan peledakan pada sunspot, pada saat sejumlah besar sinar ultraviolet dilepaskan akan menyebabkan densitas lapisan ionosfir di atas angkasa bumi meningkat mendadak, menyerap habis energi gelombang pendek, sehingga gelombang pendek sinyal radio terganggu.

  5. Namun demikian, ada beberapa ahli yang menyatakan pandangan yang berbeda, mereka mempertimbangkan dampak badai matahari terutama terkonsentrasi di luar ruang angkasa, dan karena efek rintangan medan magnetik bumi dan atmosfir, pengaruh gangguannya tidak akan terlalu nyata terhadap kehidupan di bumi.

  6. Terlepas prediksi itu akan terbukti benar atau tidak, tapi sampai detik ini, manusia belum bisa menjangkaunya secara ilmiah lewat pembuktian yang akurat.
    Curahan rasa Bang Iwan @ ..Madame XMy Profile

    1. Demikian juga terjadinya fenomena alam seperti badai matahari, sampai saat ini belum ada kesimpulan ilmiah bahwa badai matahari bisa berdampak buruk pada bumi.
      Curahan rasa Bang Iwan @ ..Madame XMy Profile

          1. Tak mengherankan fenomena alam dan adanya makhluk yang hidup di planet lain selalu mendapat perhatian khusus para teolog terutama dari sisi spiritualitas, yakni hubungan alam semesta dengan Sang Pencipta.

            1. Dalam Islam sendiri, fenomena alam semesta banyak dibahas juga oleh para ulama, baik melalui pendekatan tekstual (kandungan al-Qur’an dan hadits), maupun melalui pendekatan kontekstual (hubungan alam semesta dengan kehidupan makhluk di dunia).

    1. Kabarnya siklus ini akan mencapai klimaksnya antara tahun 2012-2013. Kalau badai matahari ini benar-benar berdampak buruk bagi bumi, para peneliti memprediksi akan berpengaruh pada magnet bumi, frekuensi radio, energi listrik, dan dan sistem satelit.
      Curahan rasa Bang Iwan @ ..Madame XMy Profile

  7. Menurut laporan website Inggris “New Scientist”, maksud dari badai matahari atau solar storm adalah siklus kegiatan peledakan dahsyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari

  8. Dengar2 Malaysia is 1% hotter than before.. Kalau keadaan ni berterusan, memang teruklah.
    .-= Steward John´s last blog ..Shopping in UK =-.

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!