Hikmah di sebalik ujian Allah swt

”Kadang-kadang Allah sembunyikan matahari dan berikan kita petir dan kilat, kita tercari-cari dimanakah matahari, rupa-rupanya Allah hadiakan kita pelangi yang indah”

“Dan sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa (pengikut) dan buah-buahan (biji-bijian). Dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadanyalah kami akan kembali’. Meraka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”. (Al Baqarah : 155-157 )

Adakah kita benar-benar yakin dengan ayat-ayat di atas?

Sony Vaio Siri X

Pada tanggal 24/4/10 aku transit di Doha, Qatar selama 7 jam dalam perjalanan pulang yang jauh. Aku sempat membeli beberapa ole-ole untuk keluarga dan teman-teman di duty free shop. Kami naik ke pesawat QatarAirWays pada jam 2 am. Aku letakkan notebook Sony Vaio siri x yang baru dibeli kira-kira 2 bulan lepas di Bangkok ke dalam beg plastik ole-ole. Sampai di pesawat aku terus letakkan beg plastik tersebut di tempat letak beg. Oleh kerana malam sudah terlalu lewat aku terus tertidur selama 5 jam.

Setiba aku di KLIA aku dapati beg plastik ole-ole dan notebook Sony Vaio dah lesap. Aku maklumkan kepada pramugari tetapi hasilnya negatif. Sayang juga ole-ole dan notebook yang bernilai lebih RM7,000 hilang begitu sahaja. Aku bersangka baik mungkin ada yang tersilap ambil dan ini juga pasti ujian kecil daripada ALLAH swt untuk dapat digantikan dengan sesuatu yang lebih besar jika aku bersabar dan redha.

Aku diminta buat laporan di pejabat QatarAirWays di tingkat 4 KLIA tetapi setelah aku tercegat 15 minit dan mengetuk beberapa kali pintu pejabat tak terbuka pun. Aku pasrah dan berjanji untuk call pada hari Isnin. Aku yakin ini ujian kecil dari ALLAH swt untuk menguji kesabaran aku. Duit dan harta ini semua milik ALLAH pujuk hati aku kepada diri aku sendiri.

Subhan’Allah janji ALLAH swt tu memang sangat betul bagi orang yang bersabar. Selang 3 jam selepas aku kehilangan barang bernilai lebih RM7,000 aku mendapat sms dari pada teman. Nak tahu apa isi sms tu. Alhamdulillah aku baru dapat rezeki baru yang nilainya 250% daripada nilai barangan yang hilang.

Syukur pada mu ya Allah.

“Sesungguhnya Allah beserta orang yang sabar”. (Al Baqarah : 153)

@Kepada semua peserta contest Acer Aspire One senerai peserta sedang di update.
[ad#HTML]

Comments

  1. Ukhwah Luver says

    Allah menghadiahkan syurga-Nya yang indah melalui kejayaan kita mengharungi segala ujian-Nya dgn tabah…Kasih-Nya ALLAH terhadap kita…

      • says

        Di depan kita, di belakang kita, di samping kita, betapa banyak pembelajaran yang sebenarnya mampu membuka mata hati dan pikiran kita untuk mengambil setiap hikmah di balik sebuah peristiwa.

        • says

          Sekali lagi, seberapa banyak di antara kita yang mau dan mampu menyelami, hikmah dan makna hidup di dunia ini? Seberapa banyak orang memahami, bahwa hidup bukanlah tujuan, melainkan jembatan untuk menuju kehidupan yang kekal abadi? Seberapa banyak orang mengerti, bahwa Allah memberi banyak hal tanpa memberi hikmah yang tersembunyi? Berbahagialah wahai engkau manusia, jika hatimu sarat akan kemampuan memetik makna di balik peristiwa.

  2. says

    Orang beriman yakin akan takdir dan ke-Mahaadilan Allah. Ia yakin, bahwa dibalik kesulitan dan kesusahan yang dialami, senantiasa ada jalan keluar dan kemudahan yang dapat ditempuh.

    • says

      Ia sadar bahwa ia tak kuasa mengendalikan, mencegah atau menghentikan hasil akhir dari segala peristiwa yang dialaminya. Baginya, segala kesulitan merupakan sarana untuk memperkuat keimanan dan memperkokoh keyakinan yang tertanam dalam dirinya serta memperbaiki akhlaknya sehingga dapat mengangkat derajatnya ke tingkat yang lebih tinggi. Inilah pola fikir yang hanya dimiliki orang beriman dan ikhlas menerima takdirnya.

      • says

        Sebaliknya, orang yang tidak ridha terhadap takdirnya serta jauh dari tuntunan agama, akan mengalami keresahan dan keguncangan dalam hidupnya. Pada gilirannya, ia akan mencari jalan lain untuk menyelesaikan masalah yang menimpa, yang ternyata hanya akan makin menjauhkannya dari Allah. Hidupnya terhimpit, batinnya gersang. Tidak ada kedamaian dan kebahagiaan yang mengiringi.

          • says

            Jadi, mari belajar memetik hikmah dari berbagai ujian hidup yang kita rasakan dengan selalu sabar dan ridha terhadap takdir Allah. Sebab dengan begitu, kita akan menjadi hamba-hamba-Nya yang beruntung. Amien…”

  3. says

    Takdir berarti Allah mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia, baik masa lalu, sekarang, maupun masa depan, termasuk hikmah yang akan dirasakan manusia dibalik ujian yang diterimanya.

      • says

        Serupa tapi tak sama, tapi hakekatnya adalah sama; ia meminta kita, dapatkah kita memiliki sikap terhadap apapun bentuk ujian itu, baik ujian berupa kesenangan atau penderitaan. Dapatkah kita mengambil hikmah tersembunyi, di balik ujian kenikmatan maupun kesusahan.

          • says

            Ia lupa bahwa ada hak orang lain di balik rizki yang ia terima. Kemudian ketika Allah mencabut kelimpahan yang melenakannya, ia pun meratap bahwa Allah tak lagi sayang padanya, hingga membuatnya semakin menjauh dari Sang Khalik yang membuat kehidupan ini ada.

    • says

      Akan tetapi seluruhnya sudah diatur dan menjadi kehendak Allah SWT. Sesungguhnya tidak ada satupun kejadian yang luput dari pengaturan-Nya. Semuanya terjadi karena izin Allah SWT.

      • says

        Setiap kejadian, entah baik atau buruk, semuanya karena izin Allah SWT. Oleh karena itu, mari bersama jangan sekadar mencari izin Allah, tetapi juga mencari ridho-Nya.

Trackbacks

  1. Hikmah di sebalik ujian Allah swt | Denaihati…

    Pada tanggal 24/4/10 aku transit di Doha, Qatar selama 7 jam dalam perjalanan pulang yang jauh. Aku sempat membeli beberapa ole-ole untuk keluarga dan teman-teman di duty free shop. Kami naik ke pesawat QatarAirWays pada jam 2 am. Aku letakkan notebook…