Modal Dasar Kesuksesan seorang insan

Assalamualaikum dan salam sejahtera. Apa khabar sahabat pembaca setia dan juga yang pertama kali terjumpa blog ini. Dah baca ke entri sebelum ini “tips hasilkan pendapatan di internet“ tulisan Saudara Ikhwan Fahwi, sangat bagus sebagai panduan buat duit online. Kali ini Abang bawa tulisan daripada Abang Dadan, blogger dari Indonesia, tuan punya blog Dawaihati.com, yang sudah lama bersama Denaihati Network. Abang Dadan pernah hadir majlis Sepetang Bersama Blogger 2013. Tajuk kali ini menyentuh soal motivasi untuk sukses.

Mohon seminit LIKE page kami yang penuh dengan ILMU untuk jadi top 10 Malaysia! Klik Sini

Ingin Sukses? Kenali Dulu Definisi dan Indikator Sukses. Sukses adalah harapan setiap orang. Namun tidak semua orang mau dan sabar dalam memperjuangkan kesuksesannya tersebut. Lebih dari itu, masih banyak pula yang belum sepenuhnya paham akan definisi sukses itu sendiri. Banyak dari kita yang menilai bahwa kesuksesan hanya diukur dari materi, menjadi orang terkenal, disegani banyak orang dan lainnya.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, sebab ukuran sukses bagi setiap orang itu berbeda. Bisa dibilang sukses itu relatif. Meski begitu, jangan lantas melupakan indikator lainnya ya. Indikator sukses itu tidak terbatas pada satu hal saja. Apabila kita ingin sukses dari segi materi atau harta, kita juga harus memikirkan bagaimana caranya agar bisa sukses dari segi spiritualitas maupun sosial.


Sukses adalah keberhasilan kita dalam mencapai, meraih atau mendapatkan apa yang kita inginkan dan perjuangkan. Mengingat definisi sukses itu relatif, jadi tidak ada yang salah dari mimpi dan cita-cita yang diinginkan. Inilah mengapa kita tidak boleh meremehkan mimpi dan cita orang lain. Selama itu baik, kita harus semangat untuk mengusahakan dan memperjuangkannya. Tak lupa, kita juga harus menghargai mimpi dan cita orang lain.

Modal Dasar Kesuksesan

Untuk bisa meraih apa yang diinginkan, kita harus memiliki modalnya. Modal ini tidak terbatas pada materi. Bahkan yang paling penting adalah modal motivasi. Tentu kita paham, bahwa seseorang akan malas dan enggan berusaha ketika tidak memiliki motivasi dalam dirinya. Oleh karena itu, apabila kita ingin apa yang diharapkan dan dicita-citakan tercapai, mari bangun motivasi dalam diri.

Memang kita membutuhkan motivasi dari luar, tapi motivasi eksternal tidak akan ada gunanya apabila kita sendiri tidak memiliki motivasi yang kuat. Ingat, orang lain hanya penonton, dan kitalah tokoh utamanya. Jadi, mau seperti apa jadinya kita, ya kitalah yang memutuskan.

Membangun motivasi bisa dimulai dengan menata niat dan menuliskan target-target yang ingin dicapai. Tulislah semua target dan mimpi pada selembar kertas. Tempelkan kertas itu pada tempat yang sering kita lihat agar semakin sering kita membacanya. Lambat laun, semua target itu akan tertanam pada alam bawah sadar. Dengan begitu, semangat akan mulai tumbuh. Baca kembali semua target tersebut saat kita merasa lelah dan ingin menyerah.

Seperti yang sudah disinggung di atas, sukses itu banyak indikatornya. Fokus itu baik, tapi jangan lupakan ‘aksesoris’ pendukungnya ya. Nah, inilah indikator sukses yang harus kita perjuangkan.

Sukses Spiritualitas

Sebagai manusia, kita hidup beragama. Misalnya saja apabila kita seorang muslim. Maka sudah menjadi tugas wajib bagi kita untuk selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Untuk mencapai sukses dari segi spiritualitas ini, kita harus senantiasa melaksanakan ibadah sholat lima waktu dan sholat sunnah, puasa, membayar zakat dan lainnya.

Sukses Kesehatan

Akan sia-sia jika kita memiliki banyak harta tapi kita justru terbaring lemah karena sakit. Oleh karena itu, jangan sampai kita mengabaikan kesehatan karena fokus mengejar karir atau lainnya. Memiliki tubuh yang bugar dan sehat akan memudahkan kita menjemput kesuksesan. Jadi, jangan lupa terapkan pola hidup sehat ya.

Sukses Finansial

Sukses finansial ini memang identik dengan uang. Meski begitu, sukses finansial ini juga bisa kita artikan dalam bentuk prestasi karir yang bagus, memiliki tempat tinggal yang layak, mempunyai tabungan untuk dimanfaatkan di hari tua dan lain sebagainya. Uang memang bukan segalanya, tapi kita tidak bisa mengelak bahwa kita membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Sukses Keluarga

Kadang, ada orang yang terlalu sibuk mengejar karir tapi mereka menomorduakan keluarga. Jadi, jangan sampai terlena dengan kesibukan mengejar materi lalu membiarkan keluarga melalui hari tanpa kehadiran kita ya. Usahakan kita juga sukses dari segi keluarga. Yakni dengan memilki rumah tangga yang harmonis, pasangan yang baik, anak-anak yang shalih-shalihah, dan lainnya.

Sukses dari Segi Sosial

Kita adalah manusia yang tidak dapat hidup sendiri. Ya, inilah kenapa kita harus menjalin hubungan yang baik pada sesama. Ketika kita sudah bisa meraih sukses finansial, alangkah baiknya jika kita tidak melupakan saudara-saudara yang masih membutuhkan.

Dari sini kita tahu, bahwa sukses itu sepaket. Saat kita sukses dari segi spiritual, kita harus berusaha melengkapinya dengan sukses sehat, sukses keluarga, sukses finansial, hingga sukses sosial. Apabila kesemuanya bisa kita perjuangkan secara berkesinambungan, tentulah kita akan menjadi orang yang sukses paket lengkap. Dan ini sangat jarang dimiliki oleh orang-orang.

Demikian tadi beberapa ulasan tentang sukses dan indikator sukses yang perlu kita ketahui dan perjuangkan. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Abang Dadan
www.dawaihati.com

Nota : Baca juga artikel menarik dibawah dan share pada kawan-kawan  niat sebagai amal jika ia memberikan menafaat.

63 Comments

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!