Masalah Hidup Insya Allah ada jalannya

Assalamualaikum dan salam 1Dunia, masalah adalah darah daging kehidupan. Tanpa masalah manusia tidak akan menjadi matang pemikiran dan tindakan. Setiap hari ada sahaja masalah hidup samada masalah kecil atau besar. Penilaian masalah kecil atau besar adalah berbeza untuk setiap manusia. Ada yang merasakan sesuatu masalah itu kecil tetapi besar bagi yang manusia yang lain. Masalah tak ada duit, masalah putus cinta, masalah anak-anak, masalah berniaga, masalah kemiskinan, masalah kesihatan, masalah rumahtangga, masalah poligami, masalah kesepian, masalah dan berbagai lagi masalah kehidupan selagi bernyawa.

Kalau rasa masalah kita besar sebenarnya ada manusia lain yang lebih berat masalah daripada kita. Lihatlah masalah secara positif bukan dari sudut negatif. Masalah adalah ujian Allah SWT untuk melihat kesabaran hambanya untuk ditingkatkan makam imannya. Apa juga masalahnya jangan sesekali minta tolong dengan makluk minta tolong lah hanya pada Allah SWt seperti firman Allah dalam surah Al-Kahfi ayat 4 “Di sana pertolongan itu hanya dari Allah yang hak.” Setiap masalah ada jalannya dengan bantuan Allah SWT. Jangan cepat kecewa dan putus asa. Insya ALLAH setiap masalah ada hikmahnya bagi mereka yang benar-benar bersabar dan redha seikhlas hati dengan ujian Allah SWT.

Hayati lagu Insya Allah oleh Mahir Zain ada banyak yang kita boleh ambil iktibar dari lirik lagu ini.

Hayati juga Firman Allah SWT surah Aam Nasyrah “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu, Yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Kerana sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”

Firman Allah SWT surah Al Baqarah, ayat 286 : “Allah tidak memberati seseorang melainkan apa yang terdaya olehnya.”

Setiap masalah hidup insya Allah ada jalannya.

301 Comments

          1. Maka hadapilah dan nikmatilah keadaan ini sebagai bumbu kehidupan agar lebih berwarna dan lebih bermakna. Ibarat lukisan tak kan indah jika hanya satu warna yang ada. Demikian juga dengan kehidupan tak kan indah jika hanya kesulitan atau kesenangan yang mendominasi.
            Curahan rasa Bang Iwan @ ..Prediksi Manchester City Vs Manchester UnitedMy Profile

  1. Kuncinya adalah sabar. Sabar menanti adanya kelapangan adalah solusi paling ampuh dalam menghadapi masalah, bukan dengan mengeluh dan berkeluh kesah.

          1. Ketika permasalahan datang menghampiri, jangan mengeluh di hadapan sang pencipta, jangan memberontak akan keputusannya apalagi mengatakan bahwa Allah tidak adil. Namun, mintalah agar kita diberi kesabaran serta ketegaran dalam menghadapinya, diberikan solusi yang terbaik bagi kita, dan selalu mengharap dia memberikan ganjaran pahala untuk kita.

            Tanpa malam purnama takkan indah. Tanpa lapar nikmat makanan takkan terasa. Tanpa dahaga sejuknya dingin air takkan memberi banyak makna. Begitu juga kemenangan atau kemudahan takkan banyak memberi arti tanpa didahului rintangan masalah kesusahan. Setelah mendung terbitlah cerah.

            Tak ada hidup tanpa masalah, karena masalah adalah sunnah-Nya. Yang kita perlukan hanya kebijakan dalam menyikapinya.
            Curahan rasa Bang Iwan @ ..Prediksi Manchester City Vs Manchester UnitedMy Profile

            1. Bahwa di balik setiap kesulitan pasti ada kemudahan yang begitu dekat. Mungkin di awal-awal kesulitan, belum datang pertolongan atau jalan keluar. Namun ketika kesulitan semakin memuncak, semakin di ujung tanduk, maka setelah itu datanglah kemudahan. Mengapa demikian ya? Itu karena di puncak kesulitan, hati sudah begitu amat pasrah. Segala suatu telah diserahkan seluruhnya pada Allah, Rabb tempat bergantung segala urusan. Itulah yang dinamakan hakekat dari tawakkal.
              Curahan rasa Bang Iwan @ ..Prediksi Manchester City Vs Manchester UnitedMy Profile

        1. Suatu masalah itu jika menyempit, maka tabiatnya ia menjadi meluas. Jika tali ditarik keras-keras, ia akan terputus. Jika malam semakin gelap, pertanda akan muncul fajar. Itulah sunnah kehidupan yang sudah dan terus berlaku. Itulah hikmah yang pasti terjadi. Maka, relakanlah jiwamu untuk meridhoi kondisinya. Karena, setelah kehausan pasti akan ada air. Setelah musim semi akan datang musim penghujan.
          Curahan rasa Bang Iwan @ ..Prediksi Manchester City Vs Manchester UnitedMy Profile

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!