TAKUT untuk BERJAYA!!!

“SIAL betullah RUGI lagi” ..tu lah kata yang terlontar dari mulut kawan aku semalam.

“Kenapalah KAU ni BODOH sangat markah semunya merah je” .. minggu lepas aku dengar jiran aku marahkan anaknya.

“CELAKA betullah upline ni dia kaya aku ni tak dapat apa pun” … bulan lepas aku dengar sepupu aku komplen Upline MLM dia.

“Malang betullah nasib aku asyik-asyik tak dapat TENDER” … dua bulan lepas kawan kontraktor aku merungut.

Semua tu bagi aku keluhan KEGAGALAN. Buruk sangat ke KEGAGALAN ni. Ada orang bijaksana kata KEGAGALAN ini adalah langkah pertama kepada KEJAYAAN. ALLAH swt pula berfirman dalam banyak ayat Al-Quran “Tidak beriman kamu selagi kamu belum diuji”. KEGAGALAN itu pasti ujian ALLAH. Mungkin juga KERUGIAN wang ringgit adalah suatu proses untuk ALLAH swt membersihkan harta benda yang kita miliki yang hanya kita sahaja tahu asal usulnya.

Kita sering membandingkan KEGAGALAN kita dengan mereka yang telah BERJAYA dan terus merasa KECEWA sehingga ada yang lansung berTAUBAT tak nak buat lagi. Pernahkah kita belajar dari mereka yang telah BERJAYA bagaiman pengalaman jatuh bagun mereka? Daripada pembacaan aku tidak ada JUTAWAN yang berjaya tanpa melalui KEGAGALAN.

Ingat pesan ALLAH swt bahawa DIA hanya menguji hambanya dengan ujian yang termampu oleh hambanya. KEGAGALAN adalah sebahagian dari kehidupan untuk menuju KEJAYAAN yang lebih hebat. Kalau kita TAKUT KEGAGALAN bermakna juga kita TAKUT UNTUK BERJAYA. Janji ALLAH swt bahawa DIA hanya menguji dengan KEGAGALAN yang termampu oleh kita. JANGAN TAKUT DENGAN KEGAGALAN dan jangan menyalahkan orang lain bila kita GAGAL.

111 Comments

  1. Manusia dianjurkan untuk merenung dan mengambil pelajaran dari berbagai macam peristiwa yang terjadi. Islam sangat mendorong umatnya untuk menggunakan potensi yang Allah swt. berikan kepadanya

          1. Sungguh apa yang tersedia dalam kehidupan dunia ini jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan apa yang dicita-citakan dan diangankan manusia.

            1. Karena itu, beruntunglah orang yang selalu menghubungkan apa-apa yang diperolehnya di dunia di sepanjang hidupnya dengan akhirat yang sangat luas dan kekal.

        1. Kita juga tidak pernah menyadari bahwa kaktus dan pohon mawar yang awalnya berduri kini mengembang bunganya. Bunga yang indah yang dihinggapi kupu kupu cantik. Itulah makna dari sebuah kegagalan dan kesuksesan.

    1. Tapi kita menjadi kecewa, kesal, atau marah ketika keinginan kita tersebut tidak terkabul atau tidak tercapai. Kita mengeluh, menyesal, bahkan terkadang menjadi beban pikiran kita

        1. Dalam hidup ini selalu ada kecenderungan untuk berada pada 2 posisi. Ditakdirkan berpasang-pasangan. Begitu pula dengan kesuksesan dan kegagalan.

          1. Ibarat 2 sisi mata uang logam yang saling melengkapi. Yang penting disini bukanlah sekedar mengejar kesuksesan tapi berusaha memahami dan siap dengan kegagalan.

            1. Setelah kita pertama kali mengalami kegagalan seharusnya kita melakukan renungan dan berbuat dan mencari hikmah agar hakekat sukses dapat di raih bersama baik dalam ukuran dunia maupun syariah.

        1. Berdasarkan pengalaman, banyak orang yang sangat trauma pada kegagalan, sehingga tak jarang sampai menimbulkan stress dan depresi bahkan sampai menimbulkan gangguan jiwa.

          1. Pada beberapa kasus, ada beberapa orang yang takut gagal sebelum bertindak. Sikap ini jelas sangat tidak bagus untuk perkembangan mental anda.

          2. Sebaliknya, tak jarang manusia yang otaknya biasa-biasa saja namun bias meraih kesuksesan berkat keyakinan dan rasa percaya dirinya.

          3. Seorang ahli jiwa pernah mengatakan, di jaman yang semakin kompetitif ini, orang-orang yang mampu bertarung melawan jaman hanyalah orang-orang yang percaya diri, agresif, sedikit nekad, pandai bicara (dibarengi dengan pengetahuan yang memadai), dan memiliki performance yang bagus. Sedangkan manusia yang pintar tapi tidak pandai mempresentasikan kepandaiannya, maaf saja, sulit sekali menggapai sukses.

        2. Lalu apakah kita semua termasuk orang yang takut gagal dan sulit merefleksikan kepandaian kita? Jika ya, kita harus merubahnya dari sekarang, jangan siasiakan waktu yang berharga ini dengan berbagai macam ketakutan.

        1. Kata kegagalan ini sering diasosiasikan berdefinisi negatif,buruk,rendah dan apapun yang tidak pernah bermakna positf dan membangun.

          1. Tanpa disadari oleh para orang tua, kata kegagalan adalah kata utama untuk menakut-nakuti sang anak jika berbuat tidak semestinya, tidak sepatutnya, dan tidak sesuai harapan dengan keinginan orang tua.Dan kegagalan adalah sesuatu yang dibenci oleh setiap orang dan jika gagal berarti tanda tidak mampu dan bodoh.

          2. Dalam keseharian kita, ternyata lingkungan juga berperan dalam menciptakan stigma negatif tentang kegagalan.
            Jadi kegagalan selalu bermakna negatif dan akan “membunuh” seseorang untuk bangkit? Tentu tidak, makanya paramater tadi harus diubah.

          3. Liat sisi dari kegagalan itu dan belajar kenapa anda gagal? tentu saja kita tidak boleh menyalahkan seseorang yang gagal ataupun diri kita yang gagal bahwa kita atau orang tersebut bodoh dan tidak mampu.

            1. “Liat sisi dari kegagalan itu dan belajar kenapa anda gagal? tentu saja kita tidak boleh menyalahkan seseorang yang gagal ataupun diri kita yang gagal bahwa kita atau orang tersebut bodoh dan tidak mampu.”

              Itu sudah pasti.. kita sudah berusaha tapi gagal.. mungkin ada aspek yang tidak kita sedar atau lihat.
              Curahan rasa Steward John @ ..Life of a Blogger- HIDUP SEORANG BLOGGERMy Profile

          4. Jadi kegagalan harus direleksikan tidak selalu dengan negatif namun juga bisa bernuansa positif dengan mengubah cara pandang anda dan belajar untuk tidak menjadi gagal lagi.

          5. “Semakin kita belajar dari kegagalan, maka kita akan mengetahui potensi terbesar kita dan harus diarahkan kemana kan.”

            Iya betul tu.. tengok saja tokoh yang ada hari ni, kebanyakkannya memang pernah gagal dari hidup.. tapi tidak mematahkan semangat untuk terus mencuba.
            Curahan rasa Steward John @ ..Webhosting Promotion- Get free DomainMy Profile

  2. bile tgk gmbr hasan merican, rase jelez pun ade…

    bile la pisyek nk kaya macam dia… hehe…

    :mrgreen:
    .-= Pisyek´s last blog ..Jadi hensem dengan Google Apps? =-.

    1. @Pisyek, eh silap, mokhtar bukhary… 😉
      .-= Pisyek´s last blog ..Cara terpantas selesaikan Rubik =-.

  3. Kita hanya akan dianggap gagal jika kita mengalah. Tak semestinya kita gagal sekali bermakna kita akan gagal selamanya. Mungkin kegagalan itu boleh dijadikan sebagai asaS untuk kita menjadi lebih kuat dan berusaha lebih gigih.
    .-= Steward John´s last blog ..Slug that fires love darts at its chosen mate | An Important Discovery =-.

          1. Tetapi, andai saja kita semua mau merenung, berpikir sejenak, daripada kita harus menghabiskan seluruh hidup kita untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya kita tidak ingin melakukan itu, lebih baik kita terus mencoba untuk meraih mimpi – mimpi besar kita.

          2. kegagalan itu adalah sesuatu yang indah. Karena apa? Karena dengan kegagalan kita akan terus bangkit dan memperbaiki diri, karena dengan kegagalanlah kita bisa belajar lebih banyak.

          3. “kegagalan itu adalah sesuatu yang indah. Karena apa? Karena dengan kegagalan kita akan terus bangkit dan memperbaiki diri, karena dengan kegagalanlah kita bisa belajar lebih banyak.”

            Iya, saya juga pernah belajar dari kegagalan tapi memang tidak suka akan kegagalan.
            Curahan rasa Steward John @ ..Webhosting Promotion- Get free DomainMy Profile

          4. “Tetapi, andai saja kita semua mau merenung, berpikir sejenak, daripada kita harus menghabiskan seluruh hidup kita untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya kita tidak ingin melakukan itu, lebih baik kita terus mencoba untuk meraih mimpi – mimpi besar kita.”

            Betul tu.. mau buat sesuai yang kita tidak ingini, lebih baik berhenti lakukan.
            Curahan rasa Steward John @ ..Webhosting Promotion- Get free DomainMy Profile

          5. “Gagal, siapa sih orang yang mau gagal? Anybody?? Gw yakin, gak ada satu orang pun yang punya mimpi untuk menjadi orang yang gagal.”

            Na, itu sudah pasti yah.. semua mau berjaya.. tapi seperti komentar bang Iwan dekat entri sebelum ni, tiada kejayaan kalau bukan dari kegagalan.

          6. “Dalam proses kita mencari jati diri, mengejar mimpi – mimpi kita, tentunya tidak sedikit halangan dan cobaan yang datang menerpa kita.”

            Betul ker ni Bang Iwan? Bukan ker setiap tu ada juga cobaan yang mau melihat samada kita berjaya atau gagal, dan bagaimana kita akan berhadapan dengan kegagalan atau kejayaan?
            Curahan rasa Steward John @ ..Webhosting Promotion- Get free DomainMy Profile

          1. Yakinlah, ada sesuatu yang indah yang sedang menunggu kita, memberikan kita tumpangan menuju mimpi – mimpi kita. Dan terbanglah, terbanglah seperti Elang, terbang yang tinggi, berteriaklah, wahai mimpi – mimpiku, tunggu aku, aku kan datang merengkuhmu!! Percayalah, dan berdoalah, karena Tuhan itu Maha Adil..

          2. “Yakinlah, ada sesuatu yang indah yang sedang menunggu kita, memberikan kita tumpangan menuju mimpi – mimpi kita. Dan terbanglah, terbanglah seperti Elang, terbang yang tinggi, berteriaklah, wahai mimpi – mimpiku, tunggu aku, aku kan datang merengkuhmu!! Percayalah, dan berdoalah, karena Tuhan itu Maha Adil..”

            Wa.. bang Iwan siap berajak lagi ni.. hebat la dapat buat sajak dalam komen ni.. hehe
            Curahan rasa Steward John @ ..Webhosting Promotion- Get free DomainMy Profile

        1. “Karena dengan berjuta – juta kegagalan lah, pada akhirnya nanti, kita akan menggapai mimpi kita. Mimpi besar kita.”

          Seperti pernah kedengaran dekat komentar bang Iwan sebelumnya.. tapi saya mendukung juga yah.

Comments are closed.

OTHER POSTS

Subscribe to Denaihati

Dapatkan artikel terkini terus dalam email anda!